Jenis Penginapan Beserta Penjelasannya

Jenis Penginapan Beserta Penjelasannya

Jenis Penginapan Beserta Penjelasannya

Dalam traveling, penginapan merupakan tempat yang dibutuhkan untuk bermalam. Entah itu perjalanan untuk urusan bisnis, wisata, atau kepentingan lainnya, penginapan menjadi salah satu yang termasuk dalam akomodasi sebuah perjalanan.


Bukan cuma untuk sekedar bermalam saja, penginapan juga menjadi tempat untuk beristirahat guna mengumpulkan energi untuk menyongsong aktifitas di esok hari.


Terkait dengan penginapan ini, hotel merupakan salah satu jenis penginapan yang paling umum dikenal oleh masyarakat. Padahal selain hotel, masih banyak jenis penginapan lain yang dapat dijadikan sebagai akomodasi dalam suatu perjalanan.


Nah untuk menambah wawasan, berikut Prodesae bagikan informasi mengenai jenis penginapan berikut penjelasannya secara singkat:


Hotel


Hotel merupakan penginapan yang menggunakan bangunan khusus dan cukup luas, dengan fasilitas antara lain kamar tidur beserta perlengkapannya, kamar mandi, restoran, kolam renang, dan fasilitas lainnya.


Jenis Penginapan Beserta Penjelasannya

Terdapat 2 jenis hotel yaitu hotel bintang dan nonbintang, hotel berbintang tentu saja memiliki fasilitas yang lebih lengkap ketimbang yang tidak berbintang. Semakin banyak bintangnya, tentu saja semakin lengkap pula fasilitas dan layanannya.


Baca: Perbedaan Hotel Bintang 1 Sampai 5


Boutique Hotel


Mirip dengan hotel, namun Boutique Hotel merupakan penginapan yang mengusung tema tertentu.


Jumlah kamar yang tersedia pada Boutique Hotel cukup terbatas, sehingga terasa lebih ekslusive.


Resort


Resort umumnya dibangun pada daerah dengan pemandangan indah, memiliki fasilitas yang lengkap seperti penginapan, restoran, kolam renang, tempat olah raga, hingga tempat perbelanjaan dan hiburan.


Jenis Penginapan Beserta Penjelasannya

Dengan pemandangan yang indah dan fasilitasnya yang lengkap, resort cocok dijadikan sebagai tempat bermalam sekaligus tempat untuk berekreasi.


Villa


Villa merupakan penginapan atau sebagai tempat tinggal sementara yang berupa satu rumah utuh, menyewa villa berarti menyewa bangunan secara keseluruhan.


Villa umumnya terletak di daerah pegunungan atau yang memiliki hawa sejuk, jadi cocok digunakan sebagai tempat menginap sekaligus berlibur untuk menghilangkan kepenatan rutinitas sehari-hari.


Cottage


Jenis Penginapan Beserta Penjelasannya

Cottage merupakan penginapan keluarga yang umumnya berada di daerah pantai atau pegunungan, bangunan cottage berupa pondok-pondok yang terpisah-pisah satu dengan lainnya.


Motel


Motel merupakan singkatan dari motor hotel, umumnya berada di luar kota dan terletak di pinggir jalan.


Jenis Penginapan Beserta Penjelasannya

Motel biasanya hanya menyediakan tempat untuk menginap dan tempat parkir kendaraan saja. Bangunannya pun biasanya tidaklah mewah, biasanya kamar langsung berhadapan dengan tempat parkir.


Losmen


Losmen merupakan penginapan dengan fasiltas berupa tempat tidur dan lemari saja, tanpa televisi, AC, atau pun fasilitas yang lainnya. Losmen juga tidak menyediakan fasilitas makan, jadi hanya menyewakan kamar.


Hostel


Hostel merupakan penginapan dimana fasilitas yang tersedia tidaklah ekslusif seperti hotel, fasilitas kamar tidur dan kamar mandi yang tersedia pada Hostel digunakan secara bersama dengan tamu lainnya.


Sistem penyewaan pada hostel adalah menyewa tempat tidur, konsep kamar seperti pada asrama dengan tempat tidur umumnya berupa ranjang susun.


Homestay


Homestay berarti juga rumah singgah, tidak ada batasan jumlah orang yang menginap. Maka cocok dijadikan sebagai penginapan keluarga.


Homestay merupakan rumah pribadi yang disewakan sebagai penginapan, model bangunannya seperti layaknya rumah pada umumnya. Letaknya juga tidak selalu dipinggir jalan raya, kadang bisa berada di dalam perkampungan.


Guest House


Guest House merupakan penginapan yang menggunakan bangunan rumah layaknya seperti rumah kost. Guest House menyediakan fasilitas beberapa kamar tidur, kamar mandi, dan dapur, namun ada juga yang meyediakan fasilitas layaknya hotel.


Itulah jenis penginapan yang dapat digunakan sebagai akomodasi ketika melakukan perjalanan seperti wisata, bisnis, maupun perjalanan untuk kepentingan lainnya.

Baca juga:

Berbagi itu peduli, berbagi itu menyenangkan...

Yuk bagikan artikel ini, jika menurut anda bermanfaat.


Buka Komentar