Pasang promosi gratis, mau?
Info selengkapnya

Perbedaan Mutiara Laut dan Air Tawar

Bedanya mutiara Laut (air asin) dan mutiara air tawar.
Perbedaan Mutiara Laut dan Air Tawar

Mutiara itu merupakan perhiasan yang tak lekang oleh waktu, sehingga jika dirawat dengan baik maka akan berkilau untuk jangka waktu yang lama. Sebagai perhiasan, mutiara memiliki daya tarik tersendiri. Maka tak heran jika banyak orang menyukainya.

Jangan kuatir jika kilaunya memudar atau kusam, mutiara bisa dipoles atau dilap agar berkilau kembali. Mutiara tersusun dari banyak lapisan, sehingga jika lapisan terluarnya terangkat mutiara akan tetap berkilau.

Mutiara merupakan permata (batu berharga) yang dihasilkan dari makhluk hidup yaitu kerang atau tiram mutiara, inilah yang membuatnya unik dibanding permata yang lainnya.

Proses terbentuknya mutiara dapat terjadi secara alami maupun buatan.

Secara alami maksudnya mutiara terbentuk dalam tubuh kerang tanpa adanya campur tangan manusia, sedangkan buatan berarti dalam proses terbentuknya mutiara itu ada campur tangan manusia.

Mutiara yang terbentuk secara alami harganya tentu sangat mahal, karena akan sulit menemukannya.

Dahulu orang-orang mencari kerang sebanyak-banyaknya, kemudian membuka cangkangnya satu per satu untuk mendapatkan mutiara. Namun tentu saja dari sekian banyak kerang yang ditangkap dan dibuka cangkangnya itu tidak semua terdapat mutiara di dalamnya.

Nah seiring perkembangan zaman, ditemukanlah cara yang lebih mudah untuk mendapatkan mutiara bahkan dalam jumlah yang banyak. Caranya yaitu dengan budidaya mutiara, dalam budidaya inilah ada campur tangan manusia dalam proses terbentuknya mutiara dalam tubuh kerang.

Mutiara yang dihasilkan dari budidaya ini termasuk dalam kategori mutiara buatan bukan alami, karena adanya campur tangan manusia di dalamnya. Mutiara tetap terbentuk pada tubuh kerang, tetap ada peran nacre dan mantel dalam proses terbentuknya mutiara.

Walaupun proses terbentuknya dikatakan buatan, mutiara hasil budidaya tetap asli bukan palsu/imitasi.

Mutiara palsu/imitasi merupakan mutiara yang dibuat dari bahan tertentu oleh manusia, dengan menggunakan mesin dan tidak ada peran kerang/tiram mutiara di dalamnya. Bagi orang awam mungkin akan sulit membedakan mana mutiara yang asli dan yang palsu, secara kasat mata mungkin memang akan sulit dibedakan.

Maka berhati-hatilah dalam membelinya, jangan sampai tertipu karena ada cara untuk mengetahui mutiara asli dan palsu.

Tempat budidaya mutiara ada macam, yaitu di perairan asin (laut) dan tawar. Ada perbedaan antara keduanya, baik itu secara kualitas, bentuk, warna, harga, dan sebagainya.

Perbedaan Mutiara Laut dan Air Tawar

Berikut perbedaan mutiara laut dan mutiara air tawar:

Tempat Budidaya

Mutiara air asin (laut) merupakan hasil dari budidaya kerang mutiara di laut, sedangkan mutiara air tawar dibudidayakan di perairan tawar.

Jenis-Jenis Kerang untuk Budidaya Mutiara

Jenis Kerang Budidaya Mutiara Air Asin (Laut)

Pinctada Maxima

Dikenal dengan Kerang Mutiara Bibir Silver/Emas, kerang jenis ini menghasilkan mutiara putih, putih perak, kuning, pink, dan gold.

Pinctada Margaritifera

Dikenal dengan Kerang Mutiara Bibir Hitam, menghasilkan mutiara hitam dan coklat.

Pinctada Fucata

Dikenal dengan Tiram Mutiara Akoya, mutiara yang dihasilkannya pun dikenal dengan Mutiara Akoya (Akoya Pearl). Hasil dari mutiara jenis kerang ini memiliki warna yang luas dan mengkilap, namun ukurannya relatif kecil.

Pteria Penguin

Kerang jenis ini dikenal juga dengan nama Kerang Mutiara Garuda, menghasilkan mutiara yang berbentuk setengah bulat atau setengah bola.

Jenis Kerang Budidaya Mutiara Air Tawar

Hyriopsis Cumingii

Kerang jenis inilah yang digunakan untuk produksi mutiara air tawar. Mutiara yang dihasilkan berwarna putih pucat dan kemilaunya pun cenderung kusam.

Lama Waktu Proses Produksi Mutiara

Proses produksi budidaya mutiara laut membutuhkan waktu 3 tahun, sedangkan untuk air tawar lebih singkat yaitu hanya 6 bulan.

Hasil Setiap Kerang Mutiara

Satu kerang mutiara budidaya laut hanya menghasilkan 1 butir mutiara saja, sedangkan untuk budidaya mutiara air tawar setiap kerangnya dapat menghasilkan sekitara 6 - 15 butir mutiara bahkan bisa lebih.

Bentuk Mutiara

Mutiara laut berbentuk bulat, setengah bulat, oval, dan tidak beraturan sedangkan mutiara air tawar umumnya berbentuk oval dan tidak beraturan, jarang ada yang bulat.

Asal Warna Mutiara

Warna mutiara laut berasal dari warna alami, sedangkan mutiara air tawar biasanya hasil treatment/perlakuan.

Macam Warna Mutiara

Macam warna mutiara laut yaitu putih, putih perak, kuning, pink, hitam, coklat, abu-abu/silver, dan hijau, sedangkan mutiara air tawar hampir semua warna ada.

Kualitas Kilau Mutiara

Mutiara laut lebih berkilau dan terkesan alami ketimbang mutiara air tawar.

Penjualan Mutiara

Biasanya mutiara laut dijual dalam hitungan gram, sedangkan mutiara air tawar umumnya dijual secara satuan dan rentengan.

Harga Mutiara

Mutiara laut lebih berkualitas dibanding mutiara air tawar, sehingga harganya lebih mahal ketimbang mutiara air tawar.

Itulah beberapa perbedaan mutiara laut dan air tawar, semoga bermanfaat.

Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.