Pasang promosi gratis, mau?
Info selengkapnya

Arti Sura dan Sulu, Maskot Pemilu Tahun 2024

Arti filosofis Maskot Pemilu 2024, ketentuan penggunaan Maskot Pemilu 2024, dan link download resmi Maskot Pemilu 2024.

Maskot pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 berupa sepasang burung Jalak Bali yang diberi nama Sura dan Sulu. Secara filosofis, kicauan burung Jalak Bali yang terkenal melambangkan suara pemilih.

Arti Sura dan Sulu, Maskot Pemilu Tahun 2024

Sura dan Sulu akan menjadi simbol pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024 adalah perwujudan suara rakyat Indonesia.

Lalu, apa arti Sura dan Sulu?

Sura berarti suara rakyat.

Sura digambarkan sebagai sosok laki-laki, nama ini merupakan akronim "Suara Rakyat".

Sulu berarti suara pemilu.

Sulu digambarkan sebagai sosok perempuan, nama ini merupakan akronim "Suara Pemilu".

Dilansir dari laman KPU, berikut penjelasan maskot pemilu tahun 2024 sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 521 Tahun 2022 tentang Penetapan Maskot Pemilihan Umum Tahun 2024.

Arti Sura dan Sulu, Maskot Pemilu Tahun 2024

Penjelasan Maskot

  1. Gambar di atas merupakan Maskot Pemilu Tahun 2024 yaitu SURA dan SULU. Maskot ini mengambil rupa sepasang Jalak Bali. Secara filosofis, kicauan burung jalak Bali yang terkenal ini melambangkan suara pemilih. Mimik muka yang didesain “belia” mewakili pemilih Pemilu 2024 yang akan didominasi pemilih generasi muda.
  2. SURA dan SULU digambarkan menampilkan wajah tersenyum disertai bendera Indonesia di pipi dan kemudian mengenakan baju berwarna putih dengan logo KPU di tengahnya. Lingkaran mata berwarna biru merupakan ciri khas burung Jalak Bali. Maskot Pemilu 2024 SURA SULU adalah pasangan (grup) bukan 1 karakter (single) untuk mempertegas sosok pemilih pria dan wanita yang memiliki hak pilih sama dalam pemilu.
  3. SURA digambarkan sebagai sosok laki-laki, nama ini merupakan akronim “Suara Rakyat”.
  4. SULU digambarkan sebagai sosok perempuan, nama ini merupakan akronim “Suara Pemilu”.
  5. Untuk SURA memegang paku pencoblosan sedangkan tangan lainnya mengacungkan jari kelingking berwarna ungu tanda sudah memilih.
  6. Untuk SULU memegang surat suara sedangkan tangan lainnya mengacungkan jari kelingking berwarna ungu. Selain itu SULU juga terdapat bulu mata di wajahnya.

Ketentuan Penggunaan

  1. Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi, dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota dapat menambahkan atribut Maskot sesuai kearifan lokal dari daerah masing-masing dengan tetap mengutamakan esensi Maskot Pemilu yang netral.
  2. Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi, dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota dapat membuat bahan sosialisasi dalam beragam media, contoh: 2 dimensi (sticker, flyer, postcard, dan sebagainya), 3 dimensi (gantungan kunci, boneka tangan, dan sebagainya), dan 4 dimensi (kostum maskot, balon udara, dan sebagainya).

Link Download Resmi Maskot Pemilu Tahun 2024

Untuk mengunduh Maskot Pemilu 2024 silakan klik di Sini.

Itulah arti Sura dan Sulu yang merupakan Maskot Pemilu Serentak Tahun 2024 beserta penjelasan dan ketentuan penggunaanya, semoga bermanfaat.

Sumber:
https://www.kpu.go.id/
https://jdih.kpu.go.id/

Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.