Cara unduh file di Prodesae
Klik di sini

Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan Sepeda Keseimbangan untuk Anak

Manfaat, kelebihan, dan kekurangan balance bike untuk Anak usia 2 - 5 tahun, cek harga balance bike 100 ribuan, 400 ribuan, 800 ribuan, 1 jutaan

Sepeda Keseimbangan (Balance Bike) atau yang dikenal dengan Push Bike adalah sepeda roda dua tanpa pedal dan rantai yang dirancang khusus untuk anak balita usia 2 - 5 tahun, untuk memakainya si kecil harus mendorong dengan kaki sembari melatih keseimbangan agar tidak terjatuh.

Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan Sepeda Keseimbangan untuk Anak

Ketinggian sadel sepeda tanpa pedal ini dapat diatur agar kaki si kecil dapat menapak tanah secara sempurna sehingga dapat mendorong sepeda dengan baik, ketika berhenti juga dapat menjaga sepedanya agar tidak roboh. Ketinggian stang umumnya juga dapat diatur, sehingga dapat disesuaikan dengan kenyamanan pemakainya.

Manfaat Sepeda Keseimbangan untuk Anak

Melatih Anak Naik Sepeda

Manfaat utama sepeda tanpa pedal ialah sebagai sarana bagi anak untuk belajar naik sepeda sebelum bisa menggunakan sepeda roda dua berpedal.

Melatih Keseimbangan

Sesuai dengan namanya, sepeda keseimbangan atau balance bike ini tentunya ditujukan untuk melatih keseimbangan saat mengendarai sepeda. Saat menggunakan sepeda tanpa pedal, anak dapat lebih fokus menjaga keseimbangan bukan fokus mengayuh sepeda seperti ketika menggunakan sepeda roda tiga atau roda dua berpedal.

Melatih Kekuatan Otot

Saat anak menggunakan balance bike, otot kakinya akan bekerja secara maksimal untuk mendorong sepeda. Otot tangannya juga bekerja saat menggenggam stang untuk mengarahkan laju sepeda agar tidak terjatuh.

Melatih Koordinasi

Saat anak menggunakan balance bike, diperlukan koordinasi antara mata, telinga, kaki, tangan, dan badannya.

Melatih Konsentrasi

Selain koordinasi antara mata, telinga, kaki, tangan, dan badannya, sepeda keseimbangan juga bermanfaat untuk melatih konsentrasi bagi anak. Menggerakan sepeda maju, mundur, berbelok, menghindari hambatan, berhenti, dan sebagainya dapat melatih daya konsentrasi bagi anak.

Baik untuk Proses Perkembangan Anak

Bukan hanya melatih konsentrasi saja, saat menggerakan dan mengarahkan sepeda baik maju, mundur, berbelok, menghindari hambatan, berhenti, dan sebagainya juga bermanfaat bagi perkembangan anak.

Baik untuk Kesehatan

Sepeda keseimbangan dapat dijadikan media bermain sekaligus sarana olah raga, sosialisasi dengan teman-temannya, mengkesplorasi lingkungan sekitar, mengekspresikan diri, dan sebagainya yang semua itu tentu saja dapat bermanfaat bagi kesehatan baik fisik maupun mentalnya.

Kelebihan Sepeda Kesimbangan

Lebih Aman dari Jenis Sepeda Lainnya

Balance Bike dirancang agar anak merasa aman dan nyaman saat memakainya, sepeda ini cenderung lebih aman untuk anak ketimbang sepeda roda tiga dan sepeda roda dua berpedal dengan tambahan dua roda kecil di kanan kirinya (sepeda roda empat).

Saat mengendarai sepeda roda tiga atau roda empat, anak dimungkinkan akan lebih berkonsentrasi pada kayuhan bukan keseimbangan sehingga ketika berjalan di jalan yang rusak, tidak rata, atau miring maka sepeda akan mudah terguling.

Berbeda saat anak mengendarai balance bike, anak akan fokus pada keseimbangan. Anak juga memiliki kendali lebih banyak sehingga saat akan terjatuh dapat segera diantisipasi dengan menurunkan kakinya.

Lebih Cepat Bisa Naik Sepeda

Sepeda keseimbangan tanpa pedal ini dinilai lebih efektif bagi anak untuk belajar naik sepeda. Belajar naik sepeda intinya adalah menjaga keseimbangan, ketika anak lebih cepat dapat menjaga keseimbangan maka anak akan lebih cepat bisa naik sepeda.

Harga Bervariasi

Umumnya harga sepeda roda tiga dan roda dua berpedal bagi anak-anak balita rata-rata sama, yaitu sekitar

Nah kalau sepeda keseimbangan harganya bervariasi, ada yang lebih mahal dari harga sepeda roda tiga dan dua berpedal tetapi juga ada yang lebih murah.

Jika budget yang tersedia cukup banyak, anda bisa memilih sepeda dengan harga yang lebih mahal ketimbang sepeda roda tiga dan dua berpedal.

Jika budget yang tersedia tidak cukup banyak, janganlah berkecil hati karena banyak sepeda keseimbangan yang dijual dengan harga 100 hingga 200 ribuan loh.

Contoh sepeda keseimbangan harga 100 ribuan.

Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan Sepeda Keseimbangan untuk Anak

Cek harga balance bike 100 ribuan di Shopee

Cek Harga

Contoh sepeda keseimbangan harga 400 ribuan.

Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan Sepeda Keseimbangan untuk Anak

Cek harga balance bike 400 ribuan di Shopee

Cek Harga

Contoh sepeda keseimbangan harga 800 ribuan.

Cek harga balance bike 800 ribuan di Shopee

Cek Harga

Contoh sepeda keseimbangan harga 1 jutaan.

Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan Sepeda Keseimbangan untuk Anak

Cek harga balance bike 1 jutaan di Shopee

Cek Harga

Ada juga seperti ini:

Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan Sepeda Keseimbangan untuk Anak

Cek harga balance bike 1 jutaan di Shopee

Cek Harga

Dan tentunya masih banyak lagi varian model dan mereknya.

Di pasaran juga terdapat sepeda keseimbangan yang dapat diatur menjadi sepeda roda tiga aatau yang dikenal dengan sepeda 2 in 1, yaitu sepeda untuk anak balita yang dapat dijadikan sepeda roda 3 dan 2.

Seperti ini contohnya:

Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan Sepeda Keseimbangan untuk Anak

Cek harga di Shopee

Cek Harga

Kekurangan Sepeda Kesimbangan

Sepeda keseimbangan memiliki segudang manfaat dan kelebihan, namun juga memiliki kekurangan yaitu umumnya sepeda ini tidak dilengkapi dengan rem. Jika tidak ada remnya, maka sebaiknya hindari penggunaan pada jalan yang memiliki turunan yang curam.

Agar lebih aman, anda bisa membelikan balance bike yang ada remnya.

Itulah manfaat, kelebihan, dan kekurangan sepeda keseimbangan, semoga bermanfaat...

Klik Desae Fashion atau Sae Galeri, temukan beragam produk menarik.
Layanan pembelian disediakan oleh Shopee. Saat anda melakukan pembelian, memungkinkan bagi kami memperoleh komisi affiliasi.
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.