Cara unduh file di Prodesae
Klik di sini

Kenali 5 Jenis Karakter Anggota Tim Kerja

5 tipe karakter anggota tim kerja, 5 Macam sifat anggota tim kerja.

Bagi sebuah perusahaan, organisasi, perkumpulan, kepanitian, dan sebagainya entah itu sifatnya yang komersial maupun non komersial, pastinya memiliki sebuah tujuan yang akan dicapai. Dalam usaha mencapai tujuan tersebut, tentunya harus direncanakan dan dikerjaakan secara baik. Untuk itu dibutuhkanlah tim kerja yang solid dan satu tujuan, yaitu sebuah titik pencapaian yang telah direncanakan.

Kenali 5 Jenis Karakter Anggota Tim Kerja

Karekter manusia secara umum pasti ada perbedaan, begitu juga dengan anggota tim kerja pastinya sedikit banyak masing-masing juga akan memiliki perbedaan. Salah memilih anggota tim kerja, justru bisa mengambat pekerjaan. Roda organisasi menjadi sulit berjalan sebagaimana mestinya sehingga tujuan menjadi jauh dan sulit dicapai.

Dalam sebuah tim kerja mungkin akan ditemui seseorang yang produktif dan destruktif. Seseorang yang produktif tentu akan memberikan sumbang sih yang besar terhadap pencapaian hasil kerja yang telah ditargetkan, namun sebaliknya anggota tim yang destruktif tentu dapat menghambat pekerjaan bahkah bisa lebih parah dari itu yaitu menghancurkan.

Maka sebelum membentuk tim, sebaiknya kenali lebih dulu jenis-jenis anggota tim kerja agar tidak salah memilih.

Jenis-jenis anggota tim kerja dapat diilustrasikan seperti gambar di bawah ini.

Kenali 5 Jenis Karakter Anggota Tim Kerja

Jenis-jenis karakter anggota tim kerja pada gambar ilustrasi di atas merupakan gambaran secara umum, bukan tertuju pada tim kerja suatu perusahaan, organisasi, atau perkumpulan tertentu sehingga mungkin tidak cocok dengan gambaran tim kerja anda.

Berikut arti dari gambar ilustrasi tim kerja di atas:

Anggota Tim ke 1 (Baju Biru)

Orang yang berada di depan sendiri mengilustrasikan seorang pekerja yang memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaannya. Dia mengerti apa yang harus dikerjakan, sehingga sangat berperan dalam pencapaian tujuan organisasi yang ingin dicapai.

Anggota Tim ke 2 (Baju Ungu)

Orang ke dua yang dilustrasikan sedang mendorong grobak merupakan seorang pekerja yang efektif, ia memiliki kemauan yang besar untuk bekerja, belajar, dan berkembang. Dengan pelatihan yang baik dan benar, ia akan menjadi pekerja yang baik dan handal di masa depan.

Anggota Tim ke 3 (Baju Hijau)

Orang yang berada di atas gerobak dalam videoa di atas merupakan pekerja yang kurang efektif. Kinerjanya tidak seperti orang pertama dan kedua, kontribusinya terhadap operasi pekerjaan tidak membuat banyak perbedaan untuk hasil keseluruhan.

Anggota Tim ke 4 (Baju Merah)

Dalam video ilustrasi di atas, orang yang berada di roda gerobak diartikan sebagai Potensi Sumber Masalah atau PTS. Ia naik turun bergantian antara membantu dan mengancurkan. Pengaruhnya membuat pekerjaan lebih sulit dan kurang dapat diprediksi oleh orang lain.

Anggota Tim ke 5 (Baju Coklat)

Jenis anggota tim kerja yang kelima dilustrasi berada di belakang gerobak. Bukannya ikut mendorong gerobak, justru ia berusaha menghentikannya. Dia secara aktif berusaha menghancurkan, namun ia sering mencoba bersembunyi di balik topeng kebaikan sosial. Jika tidak terdeteksi, anggota tim seperti ini merupakan ancaman yang sangat berbahaya bagi oranisasi mana pun.

Warna baju hanya untuk memudahkan dalam membedakan antara orang yang satu dengan lainnya, tidak terkait dengan perusahaan, organisasi, atau perkumpulan apapun.

Biar makin jelas, yuk kenali 5 jenis anggota tim kerja melalui video ilustrasi di bawah ini:

Itulah 5 jenis anggota tim secara umum, semoga dapat jadikan motivasi kerja untuk meningkatkan kualitas kinerja para anggota tim kerja.

Klik Desae Fashion atau Sae Galeri, temukan beragam produk menarik.
Layanan pembelian disediakan oleh Shopee. Saat anda melakukan pembelian, memungkinkan bagi kami memperoleh komisi affiliasi.
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.