Pasang promosi gratis, mau?
Info selengkapnya

Download Form Surat Waris File Word

Download formulir surat keterangan waris dan surat pernyataan pembagian waris dalam format file word.

Kali ini Prodesae akan membagikan formulir untuk pembuatan surat waris tanah yang terdiri dari Surat Keterangan Waris dan Surat Pernyataan Pembagian Waris, kedua surat ini merupakan satu paket yang tak terpisahkan. Jadi untuk menggunakannya, anda harus mengunduh kedua surat tersebut. Seperti biasa kami berupaya agar apa yang kami bagikan dapat diunduh dan digunakan secara mudah, maka file kami bagikan dalam bentuk format word agar dapat anda edit secara mudah melalui komputer, laptop, notebook, tablet, maupun smartphone, namun untuk menggunakannya anda perlu mengekstraknya terlebih dahulu.

Download Form Surat Waris File Word

Seperti kita ketahui, Surat Keterangan Waris dan Surat Pernyataan Pembagian Waris termasuk alas hak dalam dokumen yuridis, yaitu sebagai bukti perolehan kepemilikan/penguasaan tanah. Dokumen tersebut tentunya sangat penting karena bukan saja hanya sebagai bukti penguasan hak atas tanah namun juga akan diperlukan dalam pembuatan sertipikat tanah.

Perlu juga diketahui, bahwa waris dan hibah itu berbeda. Berikut arti Hibah, Waris, dan Warisan menurut KBBI:

Hibah adalah pemberian (dengan sukarela) dengan mengalihkan hak atas sesuatu kepada orang lain.

Waris adalah orang yang berhak menerima harta pusaka dari orang yang telah meninggal.

Warisan adalah sesuatu yang diwariskan, seperti harta, nama baik, harta pusaka.

Dari definisi hibah dan warisan di atas dapat disimpulkan, jika hibah itu diberikan oleh pemiliknya ketika masih hidup sedangkan warisan diberikan kepada ahli waris setelah pemiliknya meninggal dunia.

Sekarang sudah paham perbedaannya?

Baiklah jika sudah paham, lanjut ke contoh Surat Keterangan Waris, Surat Pernyataan Pembagian Waris, dan tombol downloadnya.

Jika anda mengeditnya melalui smartphone, pastikan pada smartphone yang anda gunakan telah terisntal aplikasi RAR agar dapat mengekstraknya. Jika belum terinstal, silakan download terlebih dahulu di PlayStore atau melalui tombol download di bawah ini:

Download Aplikasi RAR untuk Android

Unduh File via Google PlaystoreDownload

Download Penampil Word di Android

Unduh File via Google PlaystoreDownload

Download Surat Keterangan Waris

Surat Keterangan Waris berisi daftar nama-nama ahli waris. Jadi surat ini menyatakan bahwa seseorang benar-benar ahli waris dari almarhum, bukan pembagian warisannya.


SURAT KETERANGAN WARIS



Yang bertanda tangan dibawah ini kami ahli waris dari Almarhum ............... dengan disaksikan oleh :

Nama : ...

Umur : ... Tahun

Pekerjaan : ...

Alamat : ...

Nama : ...

Umur : ... Tahun

Pekerjaan : ...

Alamat : ...

Menerangkan dengan sebenarnya dan dan sanggup diangkat sumpah , bahwa Almarhum ............... tempat tinggal yang terakhir di Desa ..............., Kecamatan ..............., Kabupaten ............... pada tanggal ............... telah meninggal dunia di Desa ............... Kecamatan ..............., Kabupaten ..............., dari perkawinan mendiang suami/isteri *) ............... telah dilahirkan ... orang anak yaitu:


NO NAMA UMUR PEKERJAAN ALAMAT


























Bahwa sampai saat ini yang masih hidup ............... orang , anak nomor ............... telah meninggal dunia di Desa ..............., Kecamatan ..............., Kabupaten ..............., dari perkawinan mendiang suami/isteri *) ............... telah dilahirkan ... orang anak yaitu :


NO NAMA UMUR PEKERJAAN ALAMAT


























Demikian kami suami/isteri *) dan ke ............... orang anak yang masih hidup beserta ke ... orang cucu berasal dari Almarhum ............... yang merupakan ahli waris dari mendiang Almarhum ............... dan selain dari pada itu tidak ada ahli waris lainnya.

Tempat, Tanggal Bulan Tahun

Para Ahli Waris


1. ......... (.........)


2. ......... (.........)

Materai 10.000

3. ......... (.........)


4. ......... (.........)


5. ......... (.........)


Saksi – saksi :



1. ... (Nama)



2. ... (Nama)


Nomor : ...... tgl ............

Disaksikan dan dibenarkan oleh :

Kepala Desa ............



(Nama)


Nomor : ...... tgl ............

Dikuatkan oleh :

Camat ............



(Nama)


Petunjuk pengisian:

Nomor 1 dan 2 diisi saksi-saksi.

Tabel pertama diisi nama-nama ahli waris (anak-anak) dari almarhum.

Tabel kedua diisi apabila dari anak almarhum pada kolom pertama ada yang sudah meninggal dunia. Jadi pada kolom kedua ini diisi cucu almarhum dari anak almarhum yang sudah meninggal dunia, jika anak-anak almarhum masih hidup semua maka tabel kedua tidak diisi.

Download Form Surat Waris File Word

Unduh Surat Keterangan Waris File Word di siniDownload


Download Surat Pernyataan Pembagian Waris

Jika Surat Keterangan Waris berisi daftar nama-nama ahli waris, Surat Pernyataan Pembagian Waris inilah yang merupakan surat pembagian warisan.


SURAT PERNYATAAN PEMBAGIAN WARIS



Yang bertanda tangan dibawah ini kami ahli waris dari Almarhum ............... bahwa Almarhum ............... telah meninggal dunia pada tanggal ............... di Desa ..............., Kecamatan ..............., Kabupaten ..............., bahwa Almarhum ............... meninggalkan ahli waris ............... orang yaitu :


NO NAMA HUBUNGAN DENGAN ALMARHUM UMUR PEKERJAAN ALAMAT































Kecuali meninggalkan ahli waris Almarhum ............... juga meninggalkan harta waris berupa sebidang tanah sawah / tegalan / pekarangan *) SHM nomor ... yang terletak di Desa ..............., Kecamatan ..............., Kabupaten ............... seluas ...... m².

Kami semua ahli waris telah bermusyawarah dan sepakat membagi bidang tanah tersebut sebagian / seluruhnya *) seluas ...... m² kepada :

Nama : ...

Umur : ... Tahun

Pekerjaan : ...

Alamat : ...

dengan batas – batas :

Utara : ... Timur : ...

Selatan : ... Barat : ...

Bahwa sejak saat ini segala hak dan kewajiban yang berkaitan dengan bidang tanah tersebut sudah menjadi hak dan tanggung jawab sepenuhnya penerima pembagian waris.

Demikian surat pernyataan ini kami buat sebenar-benarnya, apabila kami memalsukan isi surat pernyataan ini kami bersedia dituntut di muka pengadilan baik secara perdata maupun pidana karena telah memberikan pernyataan palsu.


Tempat, Tanggal Bulan Tahun

Kami yang membuat pernyataan


1. ......... (.........)


2. ......... (.........)

Materai 10.000

3. ......... (.........)


4. ......... (.........)


5. ......... (.........)


Mengetahui :

Kepala Desa ...



(Nama)


Saksi – saksi :



1. ... (Nama)



2. ... (Nama)


Download Form Surat Waris File Word

Unduh Surat Pernyataan Pembagian Waris yang Sudah Bersertipikat di siniDownload

Jika bidang tanah belum bersertifikat maka SHM nomor dapat diganti dengan nomor C Desa, jadi nomor redaksinya bisa dibuat seperti ini:

Kecuali meninggalkan ahli waris Almarhum ............... juga meninggalkan harta waris berupa sebidang tanah sawah / tegalan / pekarangan *) yang terletak di Desa ..............., Kecamatan …..................., Kabupaten ............... tercatat dalam Buku C Desa Nomor ............... Persil ............... Klas ... Luas ...... m².

Download Form Surat Waris File Word

Unduh Surat Pernyataan Pembagian Waris yang Belum Bersertipikat di siniDownload

Cara Download File

Klik Download untuk mengunduh file yang dibutuhkan.

Akan terbuka halaman Safelink Pro, tunggu sebentar hingga muncul tulisan Klik 2 kali.

Klik 2 kali untuk mendapatkan link download, ulangi sekali lagi jika belum muncul Dapatkan link.

Klik Dapatkan link untuk mengunduh.

File kami bagikan melalui Google Drive yang dikemas dalam format file Zip. Jadi setelah berhasil mengunduh file, anda perlu mengekstraknya terlebih dahulu untuk dapat menggunakannnya.

Password zip: prodesae

Itulah contoh Formulir Surat Pernyataan/Pengakuan Menghibahkan Tanah dan Surat Surat Pernyataan Kesaksian Hibah Tanah baik untuk bidang tanah yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat, semoga bermanfaat.

Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.