Pasang promosi di prodesae.com GRATIS selamanya, mau? Selengkapnya

Cara Tepat Mencegah dan Menghilangkan Jamur di Lemari Pakaian

Tumbuhnya jamur di lemari pakaian bukan hanya dapat membuat pandangan tak nyaman dan mengotori pakaian, jika dibiarkan semakin lama dapat merusak lemari, pakaian, serta benda-benda yang tersimpan di dalamnya. Bahkan mungkin saja bagi dapat mengganggu kesehatan seseorang.

Cara Tepat Mencegah dan Menghilangkan Jamur di Lemari Pakaian

Lemari berbahan kayu solid mungkin tak serentan lemari partikel board, hal ini mungkin karena bahan dasar partikel board terbuat dari serbuk kayu yang rentan ditumbuhi jamur.

Kayu solid adalah kayu alami yang digunakan dalam bentuknya utuh, termasuk setelah diolah menjadi balok, papan, atau dibubut.

Partikel board adalah papan sejenis triplek yang dibuat dari serpihan-serpihan kayu seperti pecahan kayu, sisa gergajian kayu, atau serbuk kayu yang dipadatkan (dipres) sehingga menjadi papan. Biasanya untuk penggunaan pada furniture, seluruh atau sebagian permukaan partikel board dilapisi vinyl sehingga menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Walaupun partikel board rentan ditumbuhi jamur, bukan berarti semua lemari yang terbuat dari partikel board pasti akan ditumbuhi jamur. Tumbuhnya jamur di lemari ini tentu akan dipengaruhi oleh kelembaban ruangan dan kualitas dari partikel board itu sendiri. Semakin berkualitas tentu saja tak akan mudah ditumbuhi jamur.

Nah saat membeli lemari pakaian tentu saja harapannya tidak ditumbuhi jamur, namun seiring waktu pemakaian kita juga tidak pernah tahu apakan nantinya akan ditumbuhi jamur apa tidak. Maka agar lemari pakaian khususnya yang terbuat dari partikel board tidak ditumbuhi jamur, kita perlu melakukan upaya pencegahan sebelum lemari itu digunakan.

Berikut cara mencegah lemari pakaian agar tidak ditumbuhi jamur:

  • Pastikan lemari dalam keadaan bersih sebelum digunakan.
  • Semprot seluruh permukaan lemari menggunakan obat anti jamur yang diformulasikan khusus untuk membasmi jamur di furniture kayu, lalu seka menggunakan lap lembut dan kering.
  • Lapisi seluruh permukaan lemari menggunakan pernis.
  • Pastikan ruangan memiliki ventilasi udara yang baik.

Itulah cara mencegah jamur tumbuh pada lemari pakaian. Sebagai upaya pencegahan lanjutan, anda dapat meletakkan kamper atau kapur barus di dalam lemari.

Jika lemari telah digunakan tetapi ditumbuhi jamur, bagaimana cara menghilangkan jamur di lemari pakaian?

Cara Tepat Mencegah dan Menghilangkan Jamur di Lemari Pakaian

Berikut Cara Menghilangkan dan Membasmi Jamur di Lemari Pakaian

Gunakan Alkohol 70%

Alkohol 70% merupakan cairan yang dapat berfungsi sebagai antiseptik maupun disinfektan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri pada kulit, membersihkan luka, membersihkan alat-alat medis, menghilangkan bau sepatu, dan sebagainya.

Untuk menghilangkan jamur pada lemari, bersihkan terlebih dahulu jamur yang ada di lemari kemudian oleskan alkohol 70% secara merata pada permukaan lemari khususnya yang ditumbuhi jamur. Caranya basahi kapas dengan alkohol 70% lalu oleskan pada permukaan atau sisi-sisi lemari khususnya area yang ditumbuhi jamur.

Gunakan Obat Pembasmi Jamur Furniture Kayu

Selain menggunakan alkohol 70%, anda juga dapat membasmi dan menghilakan jamur di lemari pakaian seperti Seroxil Wood Clean and Polish misalnya.

Seroxil Wood Clean and Polish merupakan produk yang difromulasikan untuk membersihkan debu, kotoran, noda, serta jamur pada kayu gergajian dan mebel. Formula khususnya berfungsi untuk membasmi jamur sekaligus efektif membersihkan dan mengkilapkan produk-produk dari semua finishing furniture kayu.

Cara penggunaannya cukup mudah, semprotkan Seroxil Wood Clean and Polish pada permukaan lemari khususnya yang ditumbuhi jamur dari jarak sekitar 10 cm kemudian seka menggunakan lap lembut dan kering. Untuk pencegahan sebaiknya aplikasikan pada seluruh permukaan lemari.

Cara Tepat Mencegah dan Menghilangkan Jamur di Lemari Pakaian

Cek harga di Shopee

Cek Harga

Seroxil Wood Clean and Polish dapat diaplikasikan pada berbagai jenis perabot rumah yang terbuat dari kayu seperti lemari, pintu, meja, kursi, tempat tidur, rak buku, dan sebagainya.

Gunakan Pernis untuk Melapisi Permukaan Lemari

Pernis biasanya digunakan pada tahap akhir dalam pembuatan furniture kayu solid. Ternyata pernis juga dapat digunakan untuk mencegah dan menghilangkan jamur pada lemari, baik yang terbuat dari kayu solid maupun partikel board. Bahkan penggunaan pernis ini dapat mempercantik tampilan lemari hingga tampak mengkilap seperti baru lagi loh!

Cara Tepat Mencegah dan Menghilangkan Jamur di Lemari Pakaian

Cek harga di Shopee

Cek Harga

Itulah cara mencegah dan menghilangkan jamur pada lemari pakaian baik yang terbuat dari kayu solid atau partikel board, semoga bermanfaat...

Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.

Posting Komentar

© Prodesae All rights reserved Partner Rumah Sae