Pasang promosi di prodesae.com GRATIS selamanya, mau? Selengkapnya

Perbedaan Tour Leader dan Tour Guide

Dalam dunia pariwisata terdapat istilah Tour Leader dan Tour Guide, mungkin masih banyak yang mengira jika keduanya memiliki arti yang sama. Ada perbedaan antara Tour Leader dan Tour Guide, walaupun Tour Leader bisa sekaligus menjadi Tour Guide.

Perbedaan itu terletak pada tanggung jawab dan pengetahuan yang harus dikuasai, dengan demikian pekerjaan keduanya pun juga akan berbeda.

Perbedaan Tour Leader dan Tour Guide

TOUR LEADER

Tour Leader atau yang disebut dengan TL, merupakan pemimpin rombongan wisata.

TL sering dijumpai ketika rombongan wisata menggunakan jasa biro perjalanan wisata.

Seorang Tour Leader bertanggung jawab terhadap kelancaran kegiatan wisata yang dipimpinnya, mulai pemberangkatan hingga kembali ke tempat penjemputan.

Sebelum hari H pemberangkatan TL akan membuat jadwal rencana perjalanan wisata atau yang disebut itinerary.

Nah dalam penyelenggaraan wisata itulah, Tour Leader bertugas mengatur rangkaian kegiatan wisata agar berjalan sesuai itinerary yang telah dibuat.

Tentu saja jadwal itu bisa berubah karena situasi dan kondisi pada saat penyelenggaraan wisata atau karena adanya kesepakatan baru baru dengan seluruh peserta.

Jadi TL wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan wisata yang dipimpinnya, karena urusan transportasi, konsumsi, penginapan (jika menginap), tiket masuk obyek wisata, dan akomodasi lainnya menjadi tanggung jawabnya.

TL juga bertugas membimbing serta memastikan seluruh peserta dalam keadaan baik.

Seorang TL memang sebaiknya menguasai bahasa asing dan dapat berkomunikasi dengan baik.

TL tidak wajib menyampaikan atau menjelaskan kepada peserta tentang sejarah, budaya, serta seluk beluk destinasi wisata tujuan.

Namun biasanya TL akan membimbing dan memberikan penjelasan singkat atau tips berwisata pada destinasi tujuan.

Sebagai contoh saat memimpin rombongan wisata ke Bali, TL akan mengikuti seluruh kegiatan wisata dari pemberangkatan hingga kembali ke tempat penjemputan.

TL bertugas mengatur penyelenggaraan wisata ke Bali agar dapat berjalan sesuai itinerary, baik jam berangkat, jadwal kunjungan ke destinasi wisata tujuan, tiket wisata, jam makan, urusan penginapan, dimana membeli oleh-oleh, dan sebagainya.

TL akan membimbing dan memastikan peserta dalam keadaan baik dalam seluruh rangkaian kegiatan wisata ke Bali tersebut hingga kembali ke tempat penjemputan.

TOUR GUIDE

Tour Guide atau pemandu wisata bertugas menjelaskan tentang seluk beluk destinasi wisata tujuan secara rinci. Maka tour guide dituntut menguasai bahasa asing dan dapat berkomunikasi dengan baik.

Berbeda dengan TL yang harus mengikuti seluruh rangkaian wisata, Tour Guide hanya bersama rombongan wisata untuk waktu tertentu saja.

Umpamanya saat berwisata ke Bali, biasanya pihak biro perjalanan wisata akan menyewakan jasa Tour Guide. Pemandu wisata atau Tour Guide tersebut akan bersama rombongan wisata dari destinasi wisata yang satu ke destinasi wisata lainnya selama berada di Bali.

Tour Guide akan menjelaskan berbagai hal terkait destinasi wisata, budaya, dan sebagainya. Setelah kunjungan wisata ke Bali selesai, maka tugas pun juga selesai.

Jadi Tour Guide hanya bersama rombongan wisata saat di Bali saja, bukan dari titik pemberangkatan hingga kembali lagi ke titik pemberangkatan.

SIMPULAN

Tour Leader dan Tour Guide merupakan istilah dalam dunia pariwisata, namun keduanya memiliki tugas dan tanggung yang berbeda. Ilmu pengetahuan dan ragam bahasa yang harus dikuasai pun juga berbeda.

Tour Leader disebut juga dengan TL bertugas dan bertanggung jawab untuk memimpin rombongan wisata, mengatur penyelenggaraan wisata dapat berjalan sesuai itinerary, membimbing, dan memastikan peserta rombongan wisata dalam keadaan baik.

Tour Leader wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan wisata, dari pemberangkatan hingga kembali ke tempat penjemputan.

Seorang Tour Leader harus dapat berkomunikasi secara baik, namun tidak harus menguasai bahasa asing walaupun akan lebih baik jika menguasai berbagai bahasa.

Seorang Tour Leader tidak wajib memiliki pengetahuan tentang seluk beluk destinasi wisata tujuan, karena TL tidak wajib memberikan penjelasan kepada peserta rombongan wisata.

Tour Guide atau pemandu wisata bertugas memberikan penjelasan terkait seluk beluk destinasi wisata tujuan.

Tour Guide seharusnya dapat berkomunikasi secara baik, menguasai bahasa asing, dan memiliki wawasan pengetahuan yang up to date terkait seluk beluk dan perkembangan destinasi wisata tujuan.

Jadi Tour Leader merupakan pemimpin rombongan wisata sedangkan Tour Guide adalah pemandu wisata.


Itulah perbedaan antara Tour Leader dan Tour Guide, semoga bermanfaat...

Bisa berbagi dan menulis sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.

Posting Komentar

© Prodesae All rights reserved Partner Rumah Sae