Bagian-Bagian Kompor Gas Portable dan Fungsinya

Bagian-Bagian Kompor Gas Portable dan Fungsinya

Bagian-Bagian Kompor Gas Portable dan Fungsinya

Kompor gas adalah kompor yang menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Ada 2 jenis kompor gas yaitu portable dan tanam. Kompor gas portable merupakan kompor yang dapat dipindah-pindah sedangkan kompor gas tanam merupakan kompor yang ditanam pada meja kompor.


Kompor gas portable sepertinya paling banyak digunakan oleh masyarakat, mungkin karena dapat dipindah-pindah atau harganya lebih murah ketimbang kompor gas tanam.


Kompor gas portable terdiri dari beberapa bagian atau komponen, dimana komponen-komponen itu bisa saja aus atau rusak seiring dengan waktu pemakaiannya. Selain itu, kerusakan juga bisa terjadi karena kesalahan pemakaian penggunanya.


Komponen yang telah aus atau rusak perlu diganti, agar kompor gas dapat digunakan secara normal kembali sebagaimana mestinya.


Nah untuk itu sangat penting mengetahui nama-nama komponen kompor gas, agar saat akan membeli tak bingung lagi menyebut namanya.


Berikut bagian-bagian kompor gas portable beserta fungsinya:


Bagian-Bagian Kompor Gas Portable dan Fungsinya

Body Kompor


Body kompor merupakan badan kompor secara keseluruhan yang berfungsi sebagai penyangga dan sebagai tempat komponen kompor lainnya.


Front Panel


Front Panel adalah body kompor bagian depan, berfungsi untuk meletakan knop dan fitur lainnya (jika ada). Selain knop, biasanya merek dan nomor seri kompor terletak pada front panel.


Top Plate


Top Plate merupakan body kompor bagian atas, ada yang terbuat dari bahan anti gores, stainless steel, hingga kaca tempered.


Bagian-Bagian Kompor Gas Portable dan Fungsinya

Komponen yang merupakan tutup body kompor gas ini umumnya dapat dibuka tutup sehingga memudahkan ketika akan membersihkan mesin dan bagian dalam kompor.


Bagian-Bagian Kompor Gas Portable dan Fungsinya

Pan Support


Pan Support adalah komponen kompor gas yang berupa dudukan pada tungku yang berfungsi sebagai penyangga wadah saat memasak.


Burner


Burner merupakan alat yang berfungsi mempertemukan gas dan oksigen sehingga menghasilkan nyala api.


Burner memiliki 2 bagian, yaitu:

  • Bunner Head merupakan tutup tungku.
  • Burner Body merupakan bagian tungku tempat bercampurnya gas dan udara.

Jadi Burner Head dapat diartikan sebagai tutup tungku tempat keluarnya nyala api pada kompor gas.


Burner Head berupa lempengan kuningan berbentuk bulat dan berlubang di bagian tengahnya seperti donat. Pada permukaan bagian atas biasanya terdapat beberapa lubang kecil dan bagian sisinya juga didesain berlubang seperti cerobong, lubang inilah sebagai jalan keluarnya nyala api.


Setiap tipe kompor gas biasanya memiliki desain yang berbeda, seperti ukuran diameter dan pola lubang atau cerobongnya. Perbedaan inilah yang membuat nyala api pada kompor gas dapat berbeda antara tipe yang satu dan lainnya.


Seiring usia waktu pemakaian, biasanya burner head akan mengalami keausan hingga kerusakan sehingga harus diganti agar nyala api dapat normal kembali sehingga dapat difungsikan secara optimal.


Pastikan saat melakukan penggantian menggunakan burner head sesuai dengan tipe kompornya, jika tidak sesuai maka tidak akan dapat dipasang.


Simmer Burner


Simmer Burner merupakan tungku kecil yang terletak di tengah burner, biasanya berbentuk bulat dan terdapat lubang-lubang kecil pada sisinya. Namun tidak semua tipe kompor gas terdapat komponen ini.


Simmer burner berfungsi sebagai tempat keluarnya api lilin, jenis api ini biasanya digunakan untuk menghangatkan makanan.


Grilling Burner


Grilling Burner merupakan komponen yang berfungsi untuk memanggang makanan, namun tidak semua kompor gas portable terdapat pemanggang.


Pemantik Api (Mesin Kompor)


Pemantik api atau mesin kompor gas portable terletak di dalam body kompor, merupakan komponen atau alat yang berfungsi menyalurkan gas ke burner, penghubung knob dan burner, dan sebagai pemantik api.


Knob


Knob yaitu komponen pada kompor gas portable sebagai alat atau tombol untuk menyalakan dan mematikan api.


Komponen ini terletak pada bagian depan body kompor bagian (front panel).


Rubber Leg


Disebut juga dengan kaki kompor, rubber leg merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyangga body dan untuk mencegah kompor bergeser.


Itulah nama bagian-bagian kompor gas portable beserta fungsinya, semoga bermanfaat.

Berbagi itu peduli, berbagi itu menyenangkan...

Yuk bagikan artikel ini, jika menurut anda bermanfaat.


Buka Komentar