Pasang promosi gratis, mau?
Info selengkapnya

Manfaat Telur Ayam Kampung Bagi Kesehatan

Manfaat telur ayam kampung untuk kesehatan mata, otak, dan tubuh.
Manfaat Telur Ayam Kampung Bagi Kesehatan

Telur tak hanya mudah diolah menjadi berbagai menu masakan yang enak dan lezat, tetapi juga merupakan sumber protein yang kaya manfaat bagi kesehatan. Apalagi telur mudah didapatkan dipasaran, bahkan harganya pun juga relatif murah. Maka tak heran jika banyak masyarakat yang menyukainya.

Di pasaran setidaknya ada 2 jenis telur ayam yang umum dikonsumsi oleh masyarakat, yaitu telur ayam kampung dan telur ayam negeri atau ras.

Secara tampilan fisik keduanya memiliki perbedaan, ukuran telur ayam kampung berukuran kecil ketimbang telur ayam ras. Telur ayam kampung berwarna putih atau agak keputihan, sedangkan telur ayam ras berwarna kecoklatan.

Nah untuk kandungan nutrisinya, kedua jenis telur ayam ini hampir sama. Namun telur ayam kampung dipercaya lebih unggul dalam urusan kesehatan, ketimbang telur ayam ras.

Umumnya ayam kampung diberi pakan alami oleh pemiliknya, bahkan biasa tidak dikandangkan tetapi dibiarkan bebas berkeliaran di halaman rumah atau di kebun-kebun.

Dengan demikian ayam kampung akan lebih banyak lagi mendapatkan berbagai jenis makanan alami, seperti tumbuhan, biji-bijian, serangga, cacing, dan sebagainya. Berbeda dengan ayam kampung, ayam ras biasanya dikandangkan dan diberi pakan yang mengandung bahan kimia.

Nah soal pakan inilah yang membuat telur ayam kampung diyakini lebih sehat dikonsumsi ketimbang telur ayam negeri.

Berikut manfaat telur ayam kampung bagi kesehatan:

Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A pada kuning telur ayam kampung baik untuk kesehatan mata, yaitu dapat mengoptimalkan penglihatan.

Mencegah Katarak

Telur ayam kampung mengandung lutein dan zeaxanthin, merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit katarak.

Maka mengkonsumsi telur ayam kampung bukan hanya mengoptimalkan penglihatan saja, namun juga dapat mencegah terjadinya katarak.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi telur ayam kampung dapat meningkatkan HDL sehingga akan menurunkan LDL dalam tubuh.

HDL (High Density Lipoprotein) merupakan kolesterol baik, sedangkan LDL (Low Density Lipoprotein) merupakan kolesterol jahat.

Meningkatkan Fungsi Otak

Kolin, vitamin, dan mineral yang terkandung dalam telur ayam kampung bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

Maka tak heran jika banyak orang tua memberikan telur ayam kampung pada anak-anak, hal ini bertujuan untuk membantu mengoptimalkan fungsi otak.

Mendukung Perkembangan Sel dan Membentuk Massa Otot

Telur ayam merupakan sumber protein yang didalamnya terkandung asam amino esensial.

Kandungan asam amino esensial pada telur ayam kampung bukan hanya bermanfaat bagi perkembangan struktur sel saja, namun juga membantu dalam pembentukan massa otot.

Maka mengkonsumsi telur ayam kampung baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Bahkan binaragaman juga mengkonsumsinya, untuk membentuk badan, otot, dan menambah stamina.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Telur mengandung protein tinggi, mengkonsumsi telur memberikan efek kenyang lebih lama sehingga dapat mencegah keinginan untuk makan.

Itulah manfaat mengkonsumsi telur ayam kampung untuk kesehatan otak, mata, dan tubuh.

Semoga bermanfaat...

Sumber:
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-telur-ayam-kampung/
https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-telur-ayam-kampung-bedanya-dengan-telur-biasa

Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.