Pasang promosi gratis, mau?
Info selengkapnya

Info Wisata Puncak Bukit Sikendil Temanggung

Informasi wisata alam pendakian puncak bukit Sikendil melalui Sibajag Temanggung Jawa Tengah

Bukit Sikendil atau dikenal juga dengan Gunung Kendil, puncaknya merupakan destinasi wisata yang menawarkan pemandangan alam yang begitu indah nan menakjubkan. Puncaknya memiliki view Gunung Sindoro yang ikonik dan bukit-bukit di sekitarnya tampak mempesona.

Info Wisata Puncak Bukit Sikendil Temanggung
Foto: instagram.com/titania_jeni/

Di lembah bukit, penampakan lahan pertanian dan pemukiman warga hingga jauh mata memandang tampak begitu indah. Saat cuaca cerah, dari puncak Bukit Sikendil tampak Gunung Sindoro berdiri gagah seperti begitu dekat di depan mata.

Bukit di sekitarnya seperti berada sejengkal saja, pemandangannya sungguh begitu indah. Penampakan lahan pertanian dan pemukiman warga yang berada di lembah bukit hingga sejauh mata memandang, semakin memanjakan mata.

Di saat tertentu, hamparan awan di bawah puncak Bukit Sikendil membuat anda seperti sedang berada di negeri atas awan.

Info Wisata Puncak Bukit Sikendil Temanggung
Foto: instagram.com/bukit_sikendil [@harun_th]

Saat malam hari, citylight membuat pemandangan alam semakin menakjubkan saja. Dipagi hari, pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan matahari terbit.

Pemandangan alam dari puncak Bukit Sikendil memang luar biasa baik itu pagi, siang, atau malam. Pantas saja jika menjadi destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan.

Mau berwisata ke puncak Bukit Sikendil?

Berikut informasi pendakian Sikendil via Sibajag:

Lokasi Bukit Sikendil

Bukit Sikendil berada di sekitar jalur alternatif Temanggung Dieng via Sibajag Tambi, tepatnya berlokasi di Jalan Tambi, Sibajag, Sikatok, Desa Canggal Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung Jawa Tengah Indonesia.

Lokasi Basecamp Pendakian Sikendil via Sibajag

Basecamp pendakian Sikendil via Sibajag bernama Basecamp Joko Kendil Sibajag, beralamat di Jalan Tambi Sibajag, Sikatok, Canggal, Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56357.

Di seberang jalan basecamp ada plang penunjuk arah dan di depan basecamp ada papan namanya, jadi cukup mudah ditemukan.

Peta Lokasi:

Waktu Registrasi Pendakian Sikendil via Sibajag

Registrasi pendakian hari Senin - Sabtu, buka pukul 07.30 WIB dan tutup pukul 00.00 WIB.

Ketentuan waktu regristrasi bisa saja mengalami perubahan, postingan ini mungkin tidak diupdate sesuai informasi terbaru.

Harga tiket pendakian Sikendil Rp 10.000 per orang, ini sudah termasuk asuransi loh.

Bagi pengunjung/pendaki yang datang di atas pukul 00.00 WIB bisa langsung naik tanpa registrasi terlebih dahulu, nanti bayarnya saat sudah turun sembari mengambil kendaraan bermotor.

Biaya Parkir di Basecamp Pendakian Sikendil via Sibajag

Di basecamp Joko Kendil Sibajag telah disediakan tempat parkir tertutup layaknya garasi, jadi jangan kuatir karena kendaraan anda aman bahkan dari panas dan hujan.

Biaya parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp 15.000.

Fasilitas Wisata Puncak Bukit Sikendil

Di puncak bukit sikendil memang tidak tersedia fasilitas apapun, tetapi di basecamp tersedia tempat istirahat yang bersih, toilet, serta tempat parkir tertutup.

Jangan lupa sebelum memulai pendakian persiapkan segala sesuatunya, seperti makanan, minuman, obat-obatan yang diperlukan, dan sebagainya.

Lokasi basecamp cukup dekat dengan masjid, jadi bagi umat muslim yang ingin menunaikan salat bisa di masjid tersebut.

Jalur Trekking Pendakian Bukit Sikendil

Bukit Sikendil memiliki ketinggian 1.800 mdpl, pendakian ke puncak Sikendil ini juga dapat dikatakan cocok bagi pemula sebagai latihan mendaki gunung.

Jalur trekking Sikendil dapat dikatakan ramah pendaki, walaupun terdapat jalur trekking yang cukup terjal dan pastinya akan menguras tenaga.

Jadi untuk menuju puncak Sikendil anda perlu berjalan kaki dari basecamp, kemudian mendaki jalur trekking yang telah disediakan.

Berbeda saat anda berwisata ke puncak Botorono yang berlokasi di Desa Petarangan Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung, anda dapat menggunakan kendaraan bermotor hingga sampai tempat parkir yang berada beberapa meter di bawah puncaknya.

Dari basecamp hingga puncak Bukit Sikendil, pendakian umumnya ditempuh dalam waktu 45 - 60 menit perjalanan kaki. Untuk menuju puncak Bukit Sikendil, dari basecamp Joko Kendil melewati jalan gang di perkampungan warga.

Kemudian setelah itu melewati lahan pertanian warga hingga sampai di sebuah gapura sederhana.

Info Wisata Puncak Bukit Sikendil Temanggung
Foto: instagram.com/bukit_sikendil [@swapala_id]

Gapura ini ibarat sebagai tanda memasuki area Bukit Sikendil, dan itu berarti pendakian menuju puncak Sikendil segera di mulai. Dari gapura ini pengunjung akan melewati jalan setapak. Jangan kuatir salah jalan, karena sudah ada plang penunjuk arah saat ada persimpangan jalan.

Semakin naik pemandangan semakin indah, jika memungkinkan anda bisa berhenti sejenak untuk mengabadikannya. Karena, setiap langkah punya cerita…

Tetaplah berhati-hati, semakin naik jalur pendakian juga semakin terjal dan curam. Jangan kuatir, di sepanjang jalur trekking yang terjal itu telah dipasangi tali. Silakan gunakan tali itu untuk membantu pendakian, tetaplah berhati-hati agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah sampai di puncak Bukit Sikendil, segala lelah seperti terbayarkan. Sungguh indah pemandangan alamnya, instagramable banget.

Info Wisata Puncak Bukit Sikendil Temanggung
Foto: instagram.com/bukit_sikendil [@zulfaasho]

Camping di Puncak Sikendil

Puncak Sikendil cukup lebar dan memanjang, pastinya cukup untuk mendirikan banyak tenda.

Info Wisata Puncak Bukit Sikendil Temanggung
Foto: instagram.com/ervinerwin

Untuk menikmati keindahan saat malam dan pagi hari termasuk sunrise, anda dapat bercamping di puncak Sikendil.

Harga tiket pendakian Sikendil, biaya parkir, fasilitas basecamp, dan ketentuan terkait regristrasi di masa mendatang mungkin bisa berubah, perlu diketahui jika postingan ini tidak diupdate sesuai ketentuan terbaru.

Semoga bermanfaat...

Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.