Cara Membedakan Es Batu yang Terbuat dari Air Mentah dan Air Matang

Cara Membedakan Es Batu yang Terbuat dari Air Mentah dan Air Matang

Cara Membedakan Es Batu yang Terbuat dari Air Mentah dan Air Matang

Ketika cuaca terik atau terasa gerah dan dahaga, meminum minuman dingin mungkin menjadi favorit bagi banyak orang.


Seperi es jeruk, es teh, dawet es cendol, es buah, jus buah, dan sebaginya memang akan terasa nikmat jika diminum sebagai penghilang dahaga.


Namun apa jadinya jika minuman dingin itu menggunakan es batu yang terbuat dari air mentah?


Bagi sebagian orang mungkin memang tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan tetapi bagi sebagian orang lainnya mungkin dapat menyebabkan gangguan pencernaan, apalagi jika daya tahan tubuh saat dalam keadaan kurang baik.


Proses pembekuan pada es batu yang terbuat dari air mentah tidak lantas membuat bakteri di dalamnya mati, apalagi jika air mentah yang digunakan tidak higeinis.


Maka es batu yang terbuat dari air mentah sangat dimungkinkan mengandung bakteri sumber penyakit, sehingga jika dikonsumsi dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut dan diare.


Berbeda halnya dengan es batu yang terbuat dari air matang, yang direbus hingga mendidih tentu akan lebih aman dikonsumsi karena kemungkinan besar tidak mengandung bakteri yang dapat menjadi sumber penyakit.


Memang untuk menentukan ada tidaknya bakteri sumber penyakit tentu dibutuhkan uji laboratorium, tetapi setidaknya es batu yang terbuat dari air matang lebih aman dikonsumsi daripada yang terbuat dari air mentah.


Lantas bagaimana cara membedakan es batu yang terbuat dari air mentah dan air matang?


Sebenarnya perbedaan dapat dilihat secara kasat mata, jadi cara membedakannya yaitu dengan cara melihat wujudnya.


Es batu yang terbuat dari air mentah tampak putih seperti susu, hal ini disebabkan karena masih terdapat banyak gas di dalamnya.


Nah kalau es batu yang terbuat dari air matang akan tampak bening. Hal ini disebabkan karena saat perebusan, gas yang berada di dalam air akan terlepas.


Itulah bedanya es batu yang terbuat dari air mentah dan air matang, es batu yang terbuat dari air mentah akan terlihat putih seperti susu sedangkan es batu yang terbuat dari air matang akan terlihat bening.


Semoga bermanfaat...

Baca juga:
Buka Komentar