Keuntungan Mencatat Jimpitan RT di Android Menggunakan Google Sheets

Keuntungan Mencatat Jimpitan RT di Android Menggunakan Google Sheets

Keuntungan Mencatat Jimpitan RT di Android Menggunakan Google Sheets

Jimpitan merupakan sarana efektif dalam pencarian dana di lingkungan RT, dimana dana tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti sosial, bangunan, dan biaya-biaya lainnya yang menyangkut kepentingan lingkungan.


Sebenarnya program jimpitan di lingkungan RT ini sudah ada sejak dahalu, hanya saja kalu dulu berupa beras sekarang berganti menjadi uang.


Besaran uang jimpitan per hari ditentukan melalui rapat RT, ada yang ditentukan secara pasti ada juga yang ditentukan dengan jumlah minimal bahkan ada yang seiklasnya.


Jika ditentukan secara pasti, umumnya antara Rp 500 hingga Rp 2.000 per harinya. Untuk yang menggunakan jumlah minimal, umumnya sebesar Rp. 1.000 dan maksimal tak terbatas.


Nah kalau yang seikhlasnya besaran jimpitan tidak ditentukan, bahkan tidak setor pun tidak apa-apa.


Uang jimpitan biasanya diletakan pada wadah kecil, entah itu berupa botol plastik, kaleng, batok kelapa, atau bentuk lainnya yang sekiranya cukup untuk menaruh uang. Biasanya wadah tersebut ditempelkan pada dinding area teras rumah.


Untuk pengambilan uang jimpitan biasanya dilakukan malam hari secara bergiliran, umumnya diambil oleh petugas ronda malam.


Jadi sembari keliling untuk melaksanakan ronda malam, mereka mengambil uang jimpitan di rumah warga yang selanjutnya setelah dicatat dan dihitung akan disetorkan kepada bendahara RT.


Pencatatan saat pengambilan jimpitan pun ada berbagai cara, ada yang menggunakan buku ada juga yang menggunakan kertas kemudian ditempelkan di sebelah wadah jimpitan.


Untuk pencatatan menggunakan buku, petugas pengambil jimpitan akan berkeliling ke rumah-rumah warga sambil membawa buku catatan jimpitan, ketika mengambil jimpitan akan langsung dicatat pada buku itu.


Begitu juga bagi yang menggunakan kertas, petugas pengambil jimpitan akan mencatat pada kertas tersebut.


Mencatat jimpitan di buku tentu bisa merepotkan apalagi saat musim hujan sedangkan jika menggunakan kertas, kemungkinan rusak, sobek, atau hilang bisa saja terjadi.


Nah biar gak repot dan data tetap aman, cara efektif mencatat pengambilan uang jimpitan adalah pada ponsel android menggunakan Google Sheets.


Beragam keuntungan mencatat jimpitan di ponsel android menggunakan google sheets (Spreadsheets), yaitu:


Mudah


Sistem kerja google sheets sangat mirip dengan excel, jadi sangat mudah dalam pengoperasiannya.


Lembar kerja dapat didesain sesederhana mungkin, agar mudah saat penginputan jimpitan.


Jika perlu setiap sel diberi list angka nominal jimpitan yang paling sering ada agar saat penginputan lebih mudah, petugas hanya perlu klik pada angka yang terdapat pada list sesuai dengan nominal uang jimpitan yang disetorkan warga.


Setiap list angka diberi warna yang berbeda agar lebih mudah membedakan besaran nominal jimpitan.


Aman


Lembar kerja google sheets ini secara otomatis akan tersimpan dalam google drive, sehingga data akan aman sekalipun ponsel mengalami kerusakan atau error.


Namun agar tersimpan dalam google drive, ponsel haruslah terhubung ke internet dan memiliki kuota yang memadai.


Data jimpitan pada google sheets ini dapat dicetak kapan saja, sehingga nantinya anda akan memiliki arsip baik secara fisik maupun digital.


Nyaman


Mencatat jimpitan di android rasanya lebih nyaman ketimbang di buku atau kertas, anda tak perlu repot membawa buku keliling kampung bukan?


Penginputan jimpitan bisa dilakukan oleh beberapa orang sekaligus pada waktu yang sama dan tempat yang berbeda, sehingga tugas pengambilan jimpitan akan lebih cepat selesai.


Transparan


Setiap kali petugas menginput jimpitan, data secara otomatis akan terupdate sehingga seluruh warga RT yang memiliki link dapat memonitor kapan saja dan dimana saja sekalipun sedang berada di luar daerah.


Akuntabel


Secara tulisan akan lebih mudah dibaca sedangkan secara jumlah akan lebih valid ketimbang secara manual.


Saat setelah penginputan, angka akan secara otomatis terjumlah sehingga anda tak perlu menjumlahkan secara manual.


Jadi data keuangan jimpitan lebih rapi, sedangkan secara penjumlahan ada keakuratan yang dapat dipertanggungjawabkan.


Profesional


Penggunaan google sheets ini terlihat profesional karena data jimpitan diinput menggunakan aplikasi.


Kekinian


Teknologi terus berkembang dan dengan android banyak hal dapat dilakukan, serasa dunia dalam genggaman.


Jadi mungkin memang sekarang sudah saatnya mencatat jimpitan menggunakan android.


Itulah keuntungan mencatat jimpitan di android dengan memanfaatkan excelnya milik google.


Jika anda tertarik menggunakannya mungkin video Tutorial Membuat Aplikasi Jimpitan Online Menggunakan Google Sheets berikut ini dapat bermanfaat.



Kendala yang dimungkinkan ada:


Biasanya petugas pengambil jimpitan adalah mereka yang bertugas ronda malam dan tidak semua petugas ronda malam tersebut memiliki dan mampu mengoperasikan ponsel android.


Tetapi pada era digital ini tentunya banyak sekali masyarakat yang telah mampu dan memiliki ponsel android, jadi solusinya adalah usahakan setiap malam ada petugas yang memiliki dan mampu mengoperasikan android.


Sebaiknya jimpitan tetap dibukukan seperti biasanya, agar mereka yang tak memiliki ponsel android tetap dapat memonitor data keuangan jimpitan.


Jadi setelah petugas sampai di pos ronda, data jimpitan yang ada pada ponsel android disalin pada buku jimpitan.

Baca juga:
Buka Komentar