Arti Barang KW dan Tingkatannya

Arti Barang KW dan Tingkatannya

Arti Barang KW dan Tingkatannya

Istilah KW pastinya sudah tak asing lagi ditelinga kita apalagi yang hobi berbelanja, entah itu pakaian, sepatu, sandal, tas, dompet, dan sebagainya.


KW merupakan singkatan dari Kwalitas, tetapi jika merujuk pada KKBI kata bakunya adalah kualitas. Walaupun bukan kata baku, kata kwalitas secara umum telah digunakan oleh masyarakat.


Istilah KW ini sering digunakan pada produk/barang tiruan atau imitasi, atau untuk sebutan lainnya yang bermakna tidak asli atau tidak orisinal/orisinil.


Jadi barang KW adalah barang tiruan atau imitasi atau tidak asli atau tidak orisinal/orisinil (sering disingkat: ori), sekalipun KW import artinya tetap sama yaitu barang tiruan.


Ada perbedaan kualitas dan harga antara barang KW dan Asli. Walaupun secara kualitas tak seperti aslinya, kadang barang KW justru bisa lebih laku di pasaran.


Hal ini tentu saja disebabkan karena harganya yang lebih murah, sehingga walaupun secara kualitas lebih rendah namun barang KW bisa dikompromikan dengan isi kantong.


Tapi tahukah anda jika barang KW itu ada tingkatannya, mulai sangat mirip sekali hingga yang sedikit miripnya alias tampak sekali palsunya.


Berikut 6 tingkatan barang KW:


KW Super Premium atau KW Grade Ori


Barang jenis KW super premium dapat dikatakan memiliki kualitas yang baik. Sekilas akan sulit dibedakan dengan aslinya. Selain itu juga memiliki kualitas yang baik, sehingga walaupun KW harganya bisa mahal.


Tak semua barang KW super premium berasal dari reject-an pabrik atau barang yang tidak lolos quality control, tetapi ada barang KW super premium berasal dari pabrik yang berhasil meniru dengan sangat baik.


Bahkan hingga mengantongi sertifikat keaslian, nomor serial, hologram, memiliki detail, pernak-pernik, hingga cetakan merek yang persis dengan aslinya.


KW Super AAA


Barang KW Super AAA kualitasnya berada di bawah KW Super Premium, bahan yang digunakan dalam pembuatannya lebih murah dari KW Super Premium.


Misalnya barang sama-sama dibuat dari kulit asli, KW Super Premium dibuat dari kulit domba yang lembut sedangkan KW Super AAA dibuat dari kulit sapi.


KW Super


Barang yang termasuk dalam kategori KW Super dibuat dengan bahan yang lebih murah dan secara kualitas lebih rendah dari KW Super AAA.


Walaupun secara kasat mata, sekilas tidak terlihat perbedaan dengan aslinya tetapi jika diteliti akan kelihatan perbedaannya.


Misalnya bahan yang asli tebal dan halus, sedangkan KW Super tidak setebal dan sehalus aslinya.


KW Semi Super


Jenis KW Semi Super benar-benar dibuat dari bahan yang berbeda dengan aslinya.


Misalnya tas kulit, jika aslinya menggunakan kulit domba tetapi pada KW Semi Super menggunakan kulit sapi.


Berbeda dengan KW Super AAA, pada KW Semi Super kulit sapi hanya digunakan pada bagian tertentu saja selebihnya menggunakan kulit imitasi.


KW 1


KW 1 lebih fokus pada kemiripan bentuknya, tidak pada kualitas bahan. Jadi secara kualitas beradah di bawah KW Semi Super.


Walaupun barang KW 1 memiliki bentuk seperti aslinya, tetapi untuk keawetan jauh dengan aslinya.


KW 2


KW 2 merupakan tingkatan terendah dalam urutan tingkatatan KW, dimana barang yang termasuk dalam kelas KW 2 memiliki kimiripan yang sangat sedikit dengan aslinya.


Bahkan bahan yang digunakan dalam pembuatannya pun benar-benar murah, sehingga sangat terlihat jelas palsunya.


Itulah arti barang KW dan tingkatannya, semoga bermanfaat...

Baca juga:
Buka Komentar