7 Situs Tempat Download Foto dan Gambar Gratis Bebas Hak Cipta di Internet

7 Situs Tempat Download Foto dan Gambar Gratis Bebas Hak Cipta di Internet

7 Situs Tempat Download Foto dan Gambar Gratis Bebas Hak Cipta di Internet

Foto atau gambar sering diperlukan baik dalam dunia blogging maupun bisnis.


Terkait dengan blogging, foto atau gambar itu biasanya digunakan dalam postingan blog.


Entah hanya sebagai pemanis saja atau memang digunakan untuk menjelaskan isi artikel, yang jelas foto atau gambar itu sangat diperlukan.


Dalam dunia bisnis, foto atau gambar juga sangat diperlukan.


Entah digunakan pada kemasan produk atau sebagai pemanis saat berpromosi.


Di internet dapat ditemui banyak sekali foto atau gambar yang kamu butuhkan, baik untuk postingan blog atau pun untuk mendukung bisnis yang kamu geluti.


Tapi hati-hati jangan asal comot saja, karena foto atau gambar yang bertebaran di internet bisa saja memiliki hak cipta.


Foto atau gambar berhak cipta tentu tak bisa digunakan sembarangan, apalagi jika digunakan untuk keperluan komersial.


Untuk dapat menggunakannya secara legal, kamu harus mengantongi izin dari si pemilik hak cipta.


Dan untuk mandapatkan izin penggunaan dari si pemilik hak cipta, bukan tidak mungkin kamu harus rela merogoh kocek guna membayarnya.


Jika memaksakan untuk menggunakannya secara ilegal, hati-hati ini bisa saja dikemudian hari menjadi masalah.


Menggunakan foto/gambar berhak cipta secara ilegal bukanlah suatu tindakan yang bijak, bisa diartikan sebagai suatu tindakan yang tidak menghargai sebuah karya cipta.


Lalu bagaimana solusinya?


Tenang di internet banyak kok situs-situs penyedia foto/gambar tanpa hak cipta yang dapat kamu gunakan untuk berbagai keperluan, baik komersial maupun non komersial.


Dan pastinya gratis loh, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakannya secara legal.


Bahkan selain gratis, beberapa situs tidak mengharuskan kamu mendaftar atau membuat akun loh.


Seperti 7 situs tempat download foto dan gambar di internet yang Prodesae bagikan ini, 6 situs tak mengharuskan membuat akun sementara hanya 1 situs yang mengharuskan membuat akun terlebih dahulu.


Walaupu tak memiliki akun pada situs-situs itu, kamu tetap bisa download foto atau gambar yang diinginkan sepuasnya tanpa batasan jumlah. Jadi sebanyak apapun foto/gambar yang kamu mau semuanya tetap gratis tis tis tis...


Kamu juga dapat mengeditnya secara bebas, tapi bukan untuk tujuan menjelekan, merendahkan, kesan negatif, atau sejenisnya terhadap objek yang terdapat di dalam foto loh.


Kamu juga tidak diperbolehkan mendistribusikan ulang sehingga menjadi saingan dalam layanan serupa.


Berikut situs-situs penyedia foto dan gambar gratis bebas hak cipta di internet:


Unsplash


7 Situs Tempat Download Foto dan Gambar Gratis Bebas Hak Cipta di Internet

Di Unsplash kamu dapat mengunduh banyak sekali foto-foto keren secara gratis tanpa harus mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu, bahkan untuk menggunakannya kamu juga tak perlu meminta izin.


Foto-foto yang kamu unduh dapat digunakan untuk komersial maupun non komersial secara gratis, namun kamu tidak dapat menjualnya tanpa modifikasi yang signiftikan.


Itu berarti kamu dapat memodifikasi/mengeditnya secara bebas, tetapi jangan merendahkan/melecehkan objek yang ada dalam foto loh ya.


Kamu juga dilarang mengkompilasi foto dari Unsplash untuk mereplikasi layanan serupa atau bersaing.


Untuk lebih jelasnya silakan baca lisensi Unsplash sebelum kamu mengunduh dan menggunakan foto-fotonya.


Pixabay


7 Situs Tempat Download Foto dan Gambar Gratis Bebas Hak Cipta di Internet

Di Pixabay kamu juga dapat mengunduh berbagai macam foto dan gambar secara bebas yang tak kalah keren dengan Unsplash, bahkan di Pixabay juga tersedia banyak sekali gambar-gambar vektor yang tentu saja bebas hak cipta dan gratis.


Untuk mendownload foto/gambar di Pixabay kamu tak perlu membuat akun, dalam penggunaannya kamu juga tak perlu meminta izin terlebih dahulu. Atribusi juga tidak diperlukan, walau itu sangat dihargai.


Kamu dapat mengedit, memodifikasi, dan menggunakannya baik untuk keperluan komersial maupun non komersial.


Lisensi Pixabay menyebutkan bahwa foto/gambar yang diunduh dari Pixabay merupakan foto/gambar bebas hak cipta yang bebas digunakan dan dimodifikasi namun tidak diperbolehkan menggambarkan orang-orang/objek didalam foto/gambar dengan cara yang buruk.


Kamu juga dilarang menjualnya tanpa memodifikasinya terlebih dahulu, seperti untuk membuat poster, gambar produk, dan sebagainya.


Pexels


7 Situs Tempat Download Foto dan Gambar Gratis Bebas Hak Cipta di Internet

Situs tempat download foto bebas hak cipta dan gratis selanjutnya adalah Pexels, di sini kamu dapat mendownload foto yang kamu perlukan dengan bebas dan juga gratis.


Juga tak perlu mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu, jadi bisa langsung comot saja foto-foto yang kamu inginkan.


7 Situs Tempat Download Foto dan Gambar Gratis Bebas Hak Cipta di Internet

Tetapi dalam penggunaannya tentu saja juga tidak boleh memberikan kesan negatif, menjualnya tanpa mengubahnya terlebih dahulu, mencantumkan individu atau merek yang mensponsori produk di gambar, dan mendistribusikan ulang dalam platform serupa.


Silakan baca Lisensi Pexels sebelum mendownload dan menggunakan foto-fotonya.


Piqsels


7 Situs Tempat Download Foto dan Gambar Gratis Bebas Hak Cipta di Internet

Sama halnya dengan penyedia gambar gratis bebas hak cipta di atas, di piqsels kamu dapat mengunduh dan menggunakannya secara bebas dan gratis baik untuk komersial maupun non komersial.


Untuk mendownlad foto-foto yang tersedia di Piqsels, sama dengan ketiga situs penyedia gambar gratis bebas hak cipta di atas yaitu kamu tak perlu mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu.


Jadi bisa langsung download deh...


Namun dalam penggunaannya, walaupun kamu dapat mengedit atau mengubahnya secara bebas tentu saja harus menghormati objek yang terdapat pada gambar/foto. Jangan sampai menyinggung atau merendahkannya.


Beberapa gambar di Piqsels mungkin berisi bangunan pribadi yang dimiliki oleh perusahaan swasta dengan gambar dan hak milik. Gambar-gambar ini mungkin tidak cocok untuk beberapa jenis penggunaan komersial, karena diperlukan izin dari perusahaan yang bersangkutan untuk mempublikasikan gambar secara legal.


Untuk informasi selengkapnya silakan baca Ketentuan Layanan Piqsels, agar dalam penggunaannya tidak ada hal-hal yang kamu langgar.


Pixnio


7 Situs Tempat Download Foto dan Gambar Gratis Bebas Hak Cipta di Internet

Di Pixnio kamu dapat mendownload gambar secara bebas dan gratis, kemudian dapat kamu gunakan untuk keperluan pribadi maupun komersial.


Untuk mengunduh foto/gambar di Pixnio kamu tak perlu membuat akun terlebih dahulu, jadi tinggal comot saja foto yang kamu inginkan.


7 Situs Tempat Download Foto dan Gambar Gratis Bebas Hak Cipta di Internet

Namun di Pixnio juga terdapat gambar-gambar sponsor, jadi jangan sampai salah download karena sponsor mungkin memiliki ketentuan yang berbeda.


Perlu diperhatikan juga, kamu harus tetap menghormati dan menghargai objek di dalam foto ketika memodifikasi, mengedit, dan menggunakannya.


PxHere


7 Situs Tempat Download Foto dan Gambar Gratis Bebas Hak Cipta di Internet

Di PxHere kamu dapat mendownload gambar-gambar secara gratis yang tentu saja bebas hak cipta, namun kamu perlu membuat akun terlebih dahulu lho.


Kamu dapat menggunakan foto-foto yang didapatkan dari PxHere secara komersial maupun non komersial, tak harus meminta izin, bahkan atribusi juga tidak diperlukan walaupun itu sangat dihargai.


Tetapi dalam memodifikasi, menyalin, dan mendistribusikan foto yang didapatkan dari PxHere, kamu tetap harus menghormati dan menghargai objek yang terdapat pada foto.


Silakan baca Lisensi PxHere untuk informasi selengkapnya.


Freepik


7 Situs Tempat Download Foto dan Gambar Gratis Bebas Hak Cipta di Internet

Freepik menyediakan gambar vektor, foto, hingga PSD, namun tidak semuanya dapat didownload secara gratis karena ada konten yang bersifat premium.


Untuk konten yang bersifat premium, biasanya ada ikon mahkota di pojok kiri atas foto. Ketika kamu klik, di samping foto ada tulisan Download Go Premium.


Untuk konten gratis biasanya tidak ada ikon mahkota di pojok kiri konten.


Untuk mendownloadnya secara gratis, kamu tidak perlu membuat akun terlebih dahulu namun dalam penggunaannya diperlukan atribusi.


Jadi dalam penggunaan konten yang kamu dapatkan dari Freepik secara gratis, kamu perlu mencantumkan tautan link sumber yang telah disediakan.


Untuk mendownload secara gratis, caranya klik pada foto > Free download.


Kemudian secara otomatis akan muncul link tautan sumber yang harus kamu sertakan ketika mempublikasikan konten yang kamu dapatkan dari Freepik.


Baca Term of Use Freepik untuk mengetahui detail ketentuan-ketentuannya.


Itulah situs-situs penyedia gambar/foto gratis bebas hak cipta atau bebas copyrigt.


Selaian 7 situs di atas, sebenarnya masih banyak situs-situs yang menyediakan gambar-gambar gratis bebas hak cipta yang bertebaran di internet.


Namun gambar-gambar dari ketujuh situs di atas rasanya sudah sangat memadai untuk digunakan baik komersial maupun non komersial.


Akhir kata, tetaplah menggunakan foto/gambar secara bijak walau bebas hak cipta. Hormati dan hargailah objek pada foto/gambar yang kamu modifikasi.

Baca juga:
Buka Komentar